Rabu, 13 Maret 2013

Tips naik gunung yang aman untuk pemula



Sebagian orang beranggapan bahwa naik gunung adalah hobi yang sangat berbahaya, karena bila salah sedikit saja nyawa bisa melayang. Tapi hal itu tidakakan terjadi jika kita tau apa saja hal yang harus dipersiapkan sebelum kita naik gunung, apalagi jika kita adalah seorang pemula, wajib hukumnya untuk benar-benar mempersiapkan setiap halnya dengan teliti dan tanpa celah.

Dan berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meminimalisir bahaya saat naik gunung bagi seorang pemula :
  1. Pertama yaitu mempersiapkan barang yang akan dibawa seefisien mungkin. 
Pada saat naik gunung, barang yang kita bawa adalah nyawa kedua kita, bahkan bisa juga disebut nyawa utama kita, karena kelancaran dalam mendaki hampir 50% dilihat dari barang yang kita bawa. Dan barang yang wajib dibawa bagi seorang pendaki adalah :
  • Tas gunung, usahakanlah menggunakan tas yang standar untuk naik gunung saat mau naik. Itu akan sangat membantu dalam membawa setiap barang bawaan kita.
  • Matras, matras juga sangat penting. selain untuk alas saat kita beristirahat, matras juga membantu meringankan beban pada tas saat kita gendong naik kepuncak gunung.
  • Sepatu tracking, jiaka kita mau kaki kita nyaman saat naik gunung, maka jangan coba-coba memakai sepatu selain sepatu tracking, karena dengan sepatu tracking, kaki kita bisa terlindung dari batu-batu dan juga mampu menahan badan kita agar tidak tergelincir saat masuk ke medan yang licin.
  • Makanan, peralatan makan dan peralatan masak dan keperluan pribadi, bawalah makanan pokok pengganti nasi, seperti roti dan mie dan juga makanan yang mengandung gula untuk mengisi energi kita, seperti coklat, madu ataupun gula jawa. Dan bawalah nasting / panci kecil untuk memasak mie dan membuat air panas untuk membuat minuman hangat, dan jangan lupakan keperluan pribadi kita, seperti obat-obatan pribadi dan baju hangat, dan keperluan lainnya.
  • Plastik Packing / plastik sampah, agar barang kita tidak basah saat hujan datang, maka sebelum dimasukan kedalam tas, pakailah plastik packing terlebih dahulu. Dan cara packing yang benar yaitu taruhlah barang yang dirasa berat dan penting dibagian paling atas, dan yang ringan ditaruh dibawah. Dan ingat selalu kode etik pecinta alam diseluruh dunia, yaitu jangan mengambil sesuatu kecuali gambar, jangan mninggalkan sesuatu kecuali jejak, dan jangan membunuh sesuatu kecuali waktu. Jadi kita jangan buang sampah sembarangan di gunung, kalau kita tidak membawa plastik sampah, maka bakarlah sampahdan kalau sudah selesai matikanlah api dan pastikan kalau api sudah benar-bemar mati.
  • Mantel dan senter, kita tidak bisa memastikan cuaca di gunung, maka bawalah mantel setiap mau naim gunung, dan jangan membawa mantel pribadi / mantel egois, bawalah mantel ponco / mantel kelelawar, selain untuk melindungi kita dari hujan, berfungsi juga untuk melindungi tas agar tidak basah. Dan juga bawa senter dan batre cadangan, saudara juga pasti sudah tau kalau tidak ada penerangan di gunung saat malam, maka bawalah selalu senter dan batre cadangan.
     2.  Siapkan fisik dan mental saudara sekalian, karena jika persiapan sudah siap tapi fisik kita lemah, maka jangan sekali-kali nekat unutk naik gunung, setidaknya persiapkan dengan jogging atau berolahraga lainnya unutk menjaga kebugaran tubuh sebelum naik gunung. dan pada saat mendaki waspadalah selalu, kemana kaki kita berpijak dan lihatlah kedepan, agar saat kitamelangkah kita tidak salah mengijakkan kaki, niatnya mau selamat malah masuk jurang yang ada, maka selalulah waspada saat melangkah, dan lihat kedepan, siapa tahu ada batang pohon yang rendah kita bisa menghindari agar tidak terbentur batang pohon tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar